Sunday, March 13, 2011

Perfect or Outstanding?

kadang-kadang kita merasa sesuatu datang berlarian dalam kepala kita sampai terengah-engah. rasa ini kemudian memicu bagian dalam otak kita untuk menyalakan bom waktu yang sewaktu-waktu bisa saja meledak. rasa ini datang ketika kita melihat kelebihan dari orang lain entah itu rupanya yang memang sudah terukir di garis tangannya atau prestasi atas bulir keringat yang dikeluarkannya.

kadang kita ingin menjadi seseorang yang perfect tapi lupa untuk menjadi outstanding. perfect dan outstanding berasal dari bahasa inggris yand sering tercampur aduk artinya dalam bahasa indonesia. misalnya, jika seorang anak mendapat nilai 100 untuk ujiannya, maka nilainya adalah perfect dan kemampuannya adalah outstanding.  

jika diartikan kedalam bahasa indonesia perfect adalah sempurna, sedangkan outstanding adalah luar biasa. 

manusia yang sempurna adalah manusia yang memiliki nilai-nilai tertinggi. semua aspek dalam kehidupannya adalah baik tanpa cacat sedikitpun. ibadahnya tak pernah putus-putus selalu merindukan yang Maha Agung.rupanya menyenangkan orang yang melihatnya. sikapnya tidak pernah membuat sakit hati orang lain. kecerdasannya membawa manfaat bagi lingkungannya. hidupnya selalu berkecukupan tanpa kekurangan sesuatu apapun. namanya bersinar karena prestasinya.  dan masih banyak sekali definisi sempurna yang tidak bisa aku tuliskan satu-persatu.

sayangnya kita sebagai manusia tidak mungkin menjadi sempurna karena kesempurnaan hanyalah milik-Nya. tapi menjadi manusia yang luar biasa bukanlah hal yang tidak mungkin.

untuk menjadi manusia luar biasa cukup dengan modal mimpi dan komitmen. mimpi dan cita-cita mungkin berangkat dari nilai-nilai kesempurnaan yang sudah disebutkan diatas. kita bisa mewujudkan hal-hal tersebut dengan adanya komitmen yang terus menyertai kita. komitmen disini bukan berarti kita akan terpuruk ketika kita melakukan suatu kesalahan atau mengalami kegagalan. komitmen disini adalah bagaimana kita sabar dalam menghadapi cobaan dan rintangan yang datang menggoda kita. komitmen untuk bangkit kembali ketika mengalami kegagalan.

manusia luar biasa tidak perlu mengharapkan kesempurnaan atas dirinya.

kebanyakan rakyat indonesia pasti mengenal cerita laskar pelangi.  didalamnya banyak tokoh-tokoh luar biasa yang tak perlu banyak prestasinya untuk bisa dikenang. tak perlu bagus rupanya untuk bisa diingat. seperti sosok Bu Muslimah yang luar biasa, tanpa berputus asa walaupun muridnya sedikit (10 orang) dan juga gaji yang sangat minim, namun Sang Pahlawan tan tanda jasa ini terus berupaya untuk tetap melanjutkan sekolah SD Muhammadiyah tempat ia betul-betul mengabdi. mungkin Bu Muslimah cukup beruntung karena namanya bisa dikenang banyak orang dan namanya bersinar di dunia. ada pula sosok luar biasa yang mungkin  tidak memenangkan nobel untuk mengenang jasanya, siapa pula yang peduli pada petani miskin tak berpendidikan namun di setiap hari waktunya menanam padi dengan ikhlas untuk kemudian hasilnya sampai kepada perut kita.

nobody's perfect but every one can be outstanding.

3 comments: